Salah Kaprah Sekerat Daging yang Bernama Kalbu

Sambas, Rabu, 30 Januari 2013
by SAMBAS INDEPENDEN

Istilah kalbu dalam bahasa Indonesia berasal dari bahasa Arab قَلْبٌ, dari akar kata قَلَبَ-يَقْلِبُ-قَلْبًا, yang berarti membalik. Dengan demikian arti kalbu secara bahasa adalah sesuatu yang suka berbolak-balik. Bahasa Inggrisnya adalah heart.

Kalbu sering diartikan dalam bahasa Indonesia sebagai hati namun yang sebenarnya adalah berarti jantung. Dan dalam sastra lama Indonesia sering disebut secara lengkap dengan istilah "jantung-hati".

 
Terjemahan kata kalbu yang seringkali dipakai oleh orang Indonesia yaitu hati ini, membuat rancu orang-orang, sehingga yang tergambar dibenak mereka adalah كَبِدٌ yang dalam bahasa Inggrisnya liver. Fungsi liver terpenting adalah adalah menyaring racun-racun yang ada pada darah.

Pembaca yang budiman. 


Besarnya kalbu/ jantung adalah sekira genggaman tangan manusia, sehingga disifati sebagai مُضْغَةٌ artinya sekerat daging yang seukuran dengan sesuatu yang bisa dikunyah oleh manusia.

Jantung adalah organ tubuh terunik, lantaran ia punya dua fungsi dengan dua dimensi yang berbeda, yaitu dimensi jasmani dan rohani.

Kedua fungsi kalbu/jantung/heart yang unik tersebut adalah :
1. Fungsi jasmani : sebagai pusat kehidupan seluruh jasad, yaitu dengan memompa darah untuk mengedarkan sari makanan yang dimakan, dan oksigen ke seluruh bagian tubuh manusia. Dengan detakan jantung yang menurut sebagian ahli bisa mencapai  100 ribu kali per hari, atau setara mampu memompa 2000 galon darah dalam sehari. 
Adanya detak jantung yang mengalirkan darah ke seluruh tubuh, menunjukkan adanya kehidupan pada seorang manusia. Sebaliknya jika terhenti detak jantung yang berakibat berhenti peredaran darah, maka akan berhenti pula kehidupan.

2. Fungsi rohani : sebagai tempat berdiamnya ruh, nafs -jiwa-, akal, perasaan, niat, dan naluri. Ia lah yang menggerakkan seluruh jasad untuk bertindak. Seluruh jasad "tunduk-patuh" dengan apa yang diperintahkannya. Rasulullah bersabda, mafhumnya:

Ketahuilah, dan sungguh pada tiap-tiap jasad itu ada mudhghah (segenggam daging seukuran yang bisa dikunyah manusia). Jika mudhghah itu baik, maka akan baik pula seluruh jasad. Sebaliknya jika mudhghah itu rusak, maka akan rusak pula seluruh jasad. Ketahuilah, mudhghah itu adalah qalbu/jantung. (HR. al-Bukhari dan Muslim).

Kata kalbu dengan makna asal yaitu yang suka berbolak-balik, juga berkaitan erat dengan dua fungsi ini. Pertama, detak jantung untuk memompa darah yang sampai ribuan kali setiap harinya itu menjadi alasan ia dikatakan suka berbolak-balik. Kedua, kondisi rohani manusia yang suka berubah-rubah, kadang duka, kadang suka; kadang senang, riang, dan gembira, kadang pula galau, gundah, dan gulana; membuat ia disebut sebagai kalbu, yang suka berbolak-balik.

Maka dengan demikian, berdasarkan kepada kedua fungsinya secara jasmani maupun rohani, kalbu/jantung menjadi organ terpenting di dalam tubuh manusia, yang harus kita jaga senatiasa kesehatannya, dan jangan sampai ia dihinggapi penyakit-penyakit, baik itu penyakit dimensi jasmani maupun dimensi rohani.

Ingat selalu pula, bahwa yang selamat di akhirat kelak, hanyalah mereka yang sanggup datang menemui Allah dengan membawa Qalbun Salim (kalbu yang selamat/sehat) sebagaimana QS. asy-Syu'ara : 89.

Semoga kalbu-kalbu kita, digolongkan ke dalam kalbu yang sehat, kalbu yang senantiasa Allah kokohkan tegak berdiri di atas agama-Nya yang murni. 





 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar